Recipe: Yummy Nasi Rawon

Nasi Rawon. Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Rawon, meskipun dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur (daerah Arekan), dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Hidangan unik ini punya citarasa spesial yang menyatu di lidah.

Nasi Rawon Jadi disini hanya meyediakan cara bagaimana membuat rawonnya. cara membuat nasi rawon khas Surabaya lengkap dengan sambal rawon nampol Tempat Kuliner di Batu - Nasi Rawon Jamiah Putra dikenal juga dengan depot nasi rawon mak jebug. nasi rawon Ретвитнул(а) Laurie. Oooo mama pls my tears spilled https nasi rawon Ретвитнул(а). You can cook Nasi Rawon using 25 ingredients and 4 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Nasi Rawon

  1. You need 500 gram of daging sapi shank / sengkel / kisi, potong ukuran besar.
  2. It's 1,5-2 liter of air panas.
  3. Prepare 3 lembar of daun salam.
  4. Prepare 1 ruas of lengkuas, kupas, memarkan.
  5. You need 1 ruas of jahe, kupas, memarkan.
  6. It's 3 batang of serai, memarkan.
  7. Prepare secukupnya of Air asam.
  8. It's 1 ikat of daun bawang, potong-potong.
  9. It's 1 buah of tomat ukuran sedang, potong-potong.
  10. It's secukupnya of Garam.
  11. Prepare secukupnya of Merica.
  12. Prepare of Kaldu jamur secukupnya (jika suka).
  13. Prepare secukupnya of Minyak goreng.
  14. It's of Bumbu halus:.
  15. Prepare 10 butir of bawang merah.
  16. It's 4 siung of bawang putih.
  17. Prepare 1 sdm of ketumbar.
  18. You need 3 butir of kemiri.
  19. Prepare 2 buah of cabai merah besar, buang isi.
  20. It's 3-5 buah of kluwak, ambil dagingnya dan rendam air panas dulu.
  21. You need of Pelengkap:.
  22. It's of Taoge pendek.
  23. Prepare of Sambal terasi.
  24. It's of Kerupuk.
  25. You need of Telur asin.

Gua yg salah tp gua yg dikasih kue, babu ku memang baik hati https. Bumbu rawon ini pada dasarnya adalah sup daging sapi, tapi yang membuatnya khas adalah Untuk makan malam, berbuka puasa, atau makan siang sekalipun sebetulnya nasi dengan rawon juga. Warna rawon akan lebih hitam ketimbang nasi pindang dan dan nasi gandul yang kecokelatan. Perbedaan ini terjadi karena rawon menggunakan keluak atau kluwek yang membuat kuah jadi hitam.

Nasi Rawon step by step

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging rawon (potong ukuran besar). Tuang air panas dan masukkan air asam secukupnya..
  2. Masukkan tomat, daun bawang, daun salam, jahe, serai dan laos. Biarkan mendidih, lalu gunakan panci pressure cooker untuk mengempukkan daging (sekitar 45 menit atau sesuaikan dengan panci masing-masing)..
  3. Setelah matang, buka panci pressure cooker. Ambil daging dan potong-potong sesuai selera. Saring kuah rawon dan masukkan daging yang sudah dipotong. Tambahkan garam, merica dan kaldu jamur. Test rasa..
  4. Sajikan rawon dengan nasi dan pelengkap..

Engga mau ketinggalan, salah satu kota di Jawa Timur ini juga punya resep Untuk membuat nasi rawon daging sapi spesial ini kamu membutuhkan bahan yang agak banyak. Resep Rawon - Perlu Anda ketahui, Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia dengan kekayaan wisata kulinernya yang sangat melimpah. Rawon merupakan ikon kuliner dari Jawa Timur. Makanan ini banyak ditemui di sekitar Surabaya. Konon, rawon dulunya adalah makanan rakyat jelata yang akhirnya jadi sajian favorit para raja-raja.

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

How to Make Appetizing Pempek telor dos

Recipe: Perfect Roti Baghdad

Recipe: Yummy Ribena susu ala vitagen